[UGM] Teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada

This one is a new program of ANTeladan Offical Blog.
We'll share a lot of  things about university life especially for you
who will be graduated from high school soon, so that you can decide your
own choice, which university and faculty/program you wanna join -www.anteladan.co.nr-
*This content is owned by ANTELADAN, copied with permission.

S1 Fakultas Teknik Arsitektur dan Perencanaan - Tk. Arsitektur

Universitas Gadjah Mada memiliki program studi Teknik Arsitektur. Pamor prodi ini dibandingkan dengan universitas-universitas lain di Indonesia memang belum terlalu menonjol. Tapi, mari kita lihat beberapa prestasi mahasiswa dan dosen di sini.

Prestasi Mahasiswa
Matika Nur Fitriana, Fitriana Uli Fahma Rusdi dan Sandhika Adlisia Puspa Harani
Juara I Portable Bamboo Villa dan Juara III Breezy House lomba desain arsitektur 2011 tingkat nasional oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam rangkaian acara Sepekan Arsitektur 2011.
Philip Sandoro, V. Tissa Florika dan Kadek Noviani

Juara I (mengalahkan 80 tim mahasiswa se Indonesia) Lomba Desain Nasional ARCHFEST, Taman Kota Surabaya Jurusan Arsitektur Unika Petra Surabaya “Surabaya Port Garden”.

Prestasi Dosen

Ini ni Pak Pradip
Hadoh. Yang ini nggak usah ditanya. Dosen arsitek UGM itu keren-keren bung. 
Coba aja search di google:
'Eugenius Pradipto' atau 'Laretna T. Adhisakti'
Masih ada Pak IkaPutra, Pak Labdo yang juragan dagadu, Pak Saifullah, Pak Djoko Wijono, Bu Diananta, Pak Soeleman Saragih, Bu Kurnia, Pak Harry, Pak Dimas, Pak Yoyok, Bu Medy, dst. 
Yang terakhir heboh sih Pak Pradip (Dosek SK 1) untuk tahun 2012 ini kembali meraih penghargaan di bidang struktur dan konstruksi dari karyanya, 'Omah Kebon'.
Alumninya juga ga kalah loh, misalnya Pak Eko Prawoto, dll.

Bagaimana kehidupan 'anak arsi'?

Bagian paling penting yang harus diketahui. Banyak mahasiswa yang mengatakan bahwa semester 1 adalah yang paling berat. Bukan secara materi dari mata kuliahnya, tetapi tugas dan penyesuian dalam membagi waktu.

Di semester pertama ini, jangan harap punya hari libur di hari Sabtu. Sabtu adalah hari sketsa, di Arsi UGM disebut hari TKAD! Ingin tahu lebih lanjut tentang susah senangnya Tkad ini... silakan lihat video di bawah.

Jadi di TKAD ini, mahasiswa diajak jalan-jalan keliling Jogja, terutama yang ada bangunan highlight-nya,  suasana, dsb. Dengan beberapa teknik gambar, mahasiswa harus dapat memindahkan objek 3D itu ke  dalam sebuah kertas dengan proporsi dan perspektif yang baik dan benar dalam waktu yang telah ditentukan.

Masih tugas TKAD setiap minggu pasti ada, ditambah tugas studio, ditambah tugas maket Struktur dan Konstruksi yang 'luar biasa'membuat stay di kampus sampai terancam nggak bisa pulang gara-gara pintunya udah ditutup. Okay, semester 1 heboh but fun!

Seorang arsitek yang sudah sukses pernah mengatakan, intinya "Kalau sudah memilih arsitek ya siap-siap tidak tidur sampai lulus, kerja, tua, selama masih jadi arsitek". Yah, itu secara kasarnya. Jadi bagi kamu yang nggak suka lembur dan hobi hang-out, shopping, main, nonton, having fun all the time, sangat tidak  disarankan masuk ke prodi ini.

Okay, semester 2 paling heboh untuk pembuatan maket. Selain makan waktu dan pikiran, yang pasti makan uang juga. Makin tua di jurusan ini, tugasnya katanya makin berkurang, tapi makin rumit, dan yang jelas tetap aja kurang tidur. Kalau pas ospek ada yang mengatakan "Saya itu tidak tidur selamq 8 hari lo dek!" ada 2 fakta yang dapat disimpulkan.

Pertama, iya bener lo. Tidak tidur, tapi pasti ketiduran. Kedua, pasti ni dia orang anak arsi. Bisa tidur tenang, nyaman, dan aman adalah sebuah kebahagiaan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata... *alay*

Kira-kira begitu sih kalau kehidupan sehari-harinya...
Asal pinter bagi waktu sih sebenernya semua akan baik-baik saja...

CEK GIMANA SIH TKAD ITU? -TKAD STYLE-

Ni beberapa contoh gambar hasil TKAD (credit: Arina F.)
Teknik Tinta

Teknik Marker
Teknik Pensil Warna
Teknik marker
Teknik Cat Air Monokrom

Untuk kegiatan kemahasiswaanya... Okey, berkenaan dengan arsi yang penuh tugas... maka memang jarang anak arsi yang aktif di organisasi tingkat fakultas, apalagi universitas. Tapi, di dalam arsi sendiri ada beberapa organisasi, misalnya KMTA ( Keluarga Mahasiswa Teknik Arsitektur ), Keluarga Mahasiswa Katolik-Kristen Glory of Jutap, SKI (Kerohanian Islam), dsb.

Untuk ospek? Iya, kalau masuk teknik itu pokoknya ospeknya lapis 3. Dari universitas, fakultas, dan jurusan. Beberapa ada yang ospek prodi, tapi untuk arsitek nggak ada kok. Hanya sampai jurusan, jadi ospeknya bareng PWK.
Maaf ya, kalau masalah ospeknya ngapain, itu rahasia hihihi... tapi asik kok.

Kira-kira begitulah kalau di arsitek. Prospek kerja, lomba, beasiswa, dll juga banyak.
"Because I think an Architect should know little things of everything not deeply understand of a thing"

Studio 1 Arsitektur
Asistensi oleh asdos
Uji maket SK
Instant Gallery - Aesthetic
TKAD
Mahasiswa Arsitektur
ArchiPlan in Wonderland's Entrance Gate

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages